Senin, 12 Desember 2011

MASALAH DAN POTENSI GENERASI MUDA


MASALAH DAN POTENSI GENERASI MUDA

1. Permasalahan Generasi Muda

pada saat ini genereasi muda di indonesia bisa di bilang sedang mengalami  masalah yang sangat  luar biasa . jika di bandingkan dengan zaman  zaman terdahulu  terlihat sekali semakin merosotnya  kualitas generasi muda di indonesia.  berikut ini adalah masalah yang ada di generasi muda di indonesia pada saat ini :
 a. Menurunnya rasa nasionalisme , idealisme ,dan patriotisme dikalangan generasi muda,  dapat di lihat dengan berkurangnya rasa bangga terhadap  tanah air tercinta indonesia.    
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya. masa depan yang belum pasti membuat  para pemuda dan pemudi menjadi  kesulitan dalam menentukan  jalan hidupnya
c. Belum seimbangnya antara fasilitas pendidikan  dengan generasi muda , baik  dalam segi formal dan  informal.  hal ini juga diperparah dengan tingginya jumlah putus sekolah yang bukan hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga bangsa.
d. minimnya jumlah lapangan kerja  yang tersedeia serta banyaknya pengganguran yang dapatmengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
e. kurangnya asupan gizi yang di berikan terhadap generasi muda yang berdampak pada terhambatnya  perkembangan kecerdasan, dan pertumbuhan mereka.

f. kecenderungan untuk menikah muda di kalangan generasi muda namun belum siap menerima segala konsekuensi yang ada sehingga menambah permasalahan yang ada di masyarakat.  .

g. cara bergaul zaman sekarang yang sudah jauh di luar batas moral bangsa indonesia. maraknya pergaulan bebas dan penggunaan obat obatan terlarang yang menjadi salah satu penyebab utama rusaknya masa depan generasi muda.
h. Belum ada undang undang yang dapat menjamin masa depan generasi muda .





2. Potensi-potensi Generasi Muda

meskipun generasi muda terkadang di pandang sebelah mata oleh sebagian orang namun sebenarnya  mereka memeliki  potensi yang  besar bila di asah dengan baik dan benar  .Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut :

a. Idealisme dan Daya Kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga mereka dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari ide baru. merka juga cenderung  memiliki rasa ingin tau yang luar biasa akan sesuatu sehingga wawasan mereka lebih bisa menerima sesuatu yang baru di bandingkan orang tua yang  memiliki cara pikir yang kolot..

b. Dinamika dan Kreativitas
Adanya idealisme pada generasi muda, yang menyebabkan mereka memiliki  kreativitas dan keberanian yang lebih untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru

c. Keberanian Mengambil Resiko
generasi muda  memiliki keberanian untuk mengambil keputusan keputusan beresiko  yang menyangkut dengan dirinya  dengan segala pengetahuan yang mereka miliki  .  .

d. Optimis dan Kegairahan Semangat
kegagalan adalah sukses yang tertunda mungkin itulah yang dapat menjadi pegangan para generasi muda  dalam melewati segala tantangan. selain faktor umur yang cenderung masih panjang  dan faktor kepercayaan diri yang tinggi membuat mereka  memiliki semangat yang juga sangat besar dalam  melakukan suatu hal.
e. Sikap Kemandirian dan Disiplin Murni
Generasi muda memiliki  keinginan untuk dapat hidup mandiri dan tidak merepotkan orang tuanya lagi . hal ini membuat mereka lebih cepat untuk dapat mandiri.  mereka juga masih memiliki rasa kedisiplinan yang  murni yang terbentuk dengan alami pada merela tanpa ada aturan aturan dari orang lain.

f. Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan.
generasi muda di kenal memiliki jiwa sosial dan rasa persatuan yang  tinggi. hal ini bisa di lihat dengan banyaknya organisasi organisasi yang  di bentuk oleh pemuda pemudi. mereka juga lebih bisa menerima keanekaragaman yang ada karena lebih berpikir secara terbuka dan rasional


h. Patriotisme dan Nasionalisme
para generasi muda memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi  bermacam macam keindahan dan kelebihan bangsa yang dapat memicu mereka untuk lebih mencintai dan menjunjung tinggi bangsa indonesia.

i. Sikap Kesatria

Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinngi adalah unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan dikalangan generasi muda Indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.

j. Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi
karena memiliki rasa ingin tau yang dan kreativitas yang tinggi , generasi muda lebih mudah mencerna ilmu ilmu yang baru  dan menerapkanya , terutama dalam segi teknologi karena mereka hidup di  zaman yang dipenuhi teknologi sehingga sarana pembelajaran mereka pun lebih banyak dan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar